Binjai

HEADLINE NEWS

Karutan Kelas 1 Medan Nimrot Sihotang AMd.I.P SH.MH ," Ciptakan Masyarakat Yang Berkunjung Ke Warga Binaan Beri Rasa Nyaman.


MEDAN - DeteksiNusantara.Com. Banyak perubahan positif yang begitu signifikan dirasakan masyarakat saat ini ketika berkunjung menemui sanak keluarga mereka yang sedang menjalani hukuman sebagai warga binaan di Rutan Kelas I Medan.

Dicoba tanyai oleh salah seorang wartawan pasca bertamu, setelah keluar dari areal Rutan Kelas I Medan di Jalan Pemasyarakatan, Kelurahan Tanjung Gusta, Helvetia, Kota Medan, rata-rata keluarga warga binaan disana mengaku puas dan memberikan apresiasi terhadap tata kelola pemeliharaan keamanan, tata tertib yang diterapkan terhadap warga binaan Rabu Siang 3/7/2024.

Dari titik awal memasuki Rutan tersebut, pemeriksaan, pengawasan, kepada masyarakat yang bertamu tertata dengan ketat, tegas, dibalut dengan pelayanan yang ramah, membuat yang datang berkunjung kesana merasa sangat dihargai.

Setelah masyarakat yang bertamu berjumpa dengan warga binaan, tempat bercengkrama maupun berinteraksi yang disediakan Rutan Kelas I Medan juga terasa nyaman.

Bukan hanya masyarakat yang menyebut demikian, soal pemeliharaan keamanan juga ketertiban terhadap warga binaan di Rutan Kelas I Medan, warga binaan itu sendiri mengakui, meski ketatnya pengawasan terhadap mereka, namun hak-hak azasi (warga binaan), menjadi hal yang paling pokok dan terjamin didapat  para warga binaan penghuni Rutan Kelas I Medan.

Dibalik kondisi tersebut, warga binaan mengakui lagi, dalam setiap sistem keamanan yang dijalankan untuk tujuan ketentraman bersama, terkadang memang ada kalanya dari warga binaan itu sendiri merasa tak terbiasa, sehingga menimbulkan gesekan kecil.

Namun itu sangat minim terjadi, dan dengan sikap tegas, humanis, para petugas pengamanan Rutan dibawah Kepala KPR (Kesatuan Pengamanan Rutan) Kelas I Medan, persoalan dapat teratasi dengan baik bijaksana, dan hal yang wajar akan ada sanksi bagi warga binaan pelanggar yang bila tetap membandel.

Sekedar sebagai informasi, saat ini Rutan Kelas I Medan dipimpin Nimrot Sihotang A.Md.I.P., S.H., M.H, sebagai Kepala Rutan. Sedangkan tingkatan di bawahnya, Boy Naldo Gultom menjabat Kepala KPR (Kesatuan Pengamanan Rutan).

“Terimakasih sama Bapak-bapak pimpinan di Rutan ini (Kelas I Medan). Setelah beberapa kali saya bertamu, saya melihat sendiri pengawasan juga pemeliharaan keamanan bagi para warga binaan sangat memuaskan, saya dan keluarga menjadi merasa lebih tenang menitipkan anak saya dibina dalam menjalankan masa hukumannya,”

“Semoga Bapak-bapak pimpinan di Rutan Tanjung Gusta Medan juga diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas yang berat itu, tak lupa juga untuk seluruh pegawai, jajaran yang bertugas, semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa menjalankan tugas yang diberikan Negara, sehingga mampu merubah sikap maupun perilaku warga binaannya supaya setelah bebas dari hukuman, dapat diterima dengan baik kembali ke masyarakat,” ujar wanita mengaku bernama FR. Napitupulu. 

Ada lagi yang tak kalah pantas diacungi jempol, terutama saat kepemimpinan Nimrot Sihotang sebagai Kepala Rutan Kelas I Medan saat ini, dikutip dari hasil penelusuran wartawan, pemberdayaan warga binaan dalam menciptakan keterampilan berusaha, diketahui sudah cukup membanggakan.

Melalui berbagai saluran media sosial milik Rutan Kelas I Medan,  tersiar banyak hasil karya keterampilan warga binaan disana yang mampu bersaing menjadi pilihan masyarakat, seperti berbagai hasil kerajinan tangan, sepatu, sendal, meubel, paving block,  ternak larva maggot, dan banyak lagi lainnya hingga hasil budidaya tanaman buah juga sayuran. 

Dibalik semua itu tentu saja rasa keamanan dan ketertiban sangatlah di butuhkan, hal ini lah salah satu hal yang tidak kalah pentingnya guna menciptakan rasa nyaman baik bagi warga binaan pengunjung serta warga sekitar Rutan, namun dibawah kepemimpinan Ka. Rutan Nimrot Sihotang A.Md.I.P., S.H., M.H, dan KPR nya Boy Naldo Gultom A.Md.I.P.,S.H.,M.M berbagai kekurangan tersebut mampu di memaksimalkan guna memberi rasa nyaman bagi warga binaan serta warga sekitar dan Keluarga Warga binaan.(indra Hasibuan)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *